Kamis, 08 November 2012

Media pembelajaran menggunakan permainan true or false

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat meningkatkan minat atau motivasi siswa dalam belajar. Disini saya akan menerapkan permainan true or false (benar atau salah) agar siswa tidak bosan dalam belajar. Gambaran umum tentang permainan ini yaitu untuk melatih daya ingat siswa setelah guru menyampaikan materi. Strategi true or false juga dapat mengajak siswa untuk belajar aktif dan bertujuan agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreatifitas sehingga mampu membuat inovasi-inovasi.

Kelebihan dari media pembelajaran true or false ini adalah :Berpikir dan bertindak kreatifSiswa dapat belajar langsung tentang materi yang dipelajari Siswa dapat mengungkapkannya mengapa memilih jawaban benar dan salah.

Kelemahan dari media pembelajaran true or false ini adalah memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain, untuk siswa yang malas tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.

Langkah-langkah membuatnya :Pengajar membagikan kartu kepada siswa yang berisi tentang berbagai macam bentuk kalimat tanya.Siswa harus menentukan apakah kalimat yang adadalam kartu tersebut benar atau salah.Selanjutnya mereka berbaris dikiri atau dikanan sesuai dengan jawaban yang mereka berikan (misalnya: jawaban benar disebelah kanan, jawaban salah disebelah kiri)Sesudah itu mereka diminta memberikan alasan mengapa mereka menjawab benar atau salah.Dan yang terakhir siswa bisa pindah barisan, jika dia berubah pikiran.Dan pengajar memberikan jawabannya barang siapa yang benar akan dikasi hadiah seperti coklat atau permen.
Langkah-langkah media penerapan dikelas yaitu pada saat selesai guru memberikan materi pembelajaran baru setelah itu diadakan permainan true or false tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar