Media pembelajaran menggunakan permainan true or false
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat
meningkatkan minat atau motivasi siswa dalam belajar. Disini saya akan
menerapkan permainan true or false (benar atau salah) agar siswa tidak
bosan dalam belajar. Gambaran umum tentang permainan ini yaitu untuk
melatih daya ingat siswa setelah guru menyampaikan materi. Strategi true
or false juga dapat mengajak siswa untuk belajar aktif dan bertujuan
agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan
daya kreatifitas sehingga mampu membuat inovasi-inovasi.
Kelebihan dari media pembelajaran true or false ini adalah :Berpikir
dan bertindak kreatifSiswa dapat belajar langsung tentang materi yang
dipelajari Siswa dapat mengungkapkannya mengapa memilih jawaban benar
dan salah.
Kelemahan dari media pembelajaran true or false ini adalah
memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode
pembelajaran yang lain, untuk siswa yang malas tujuan dari metode
tersebut tidak dapat tercapai.
Langkah-langkah membuatnya :Pengajar membagikan kartu kepada siswa
yang berisi tentang berbagai macam bentuk kalimat tanya.Siswa harus
menentukan apakah kalimat yang adadalam kartu tersebut benar atau
salah.Selanjutnya mereka berbaris dikiri atau dikanan sesuai dengan
jawaban yang mereka berikan (misalnya: jawaban benar disebelah kanan,
jawaban salah disebelah kiri)Sesudah itu mereka diminta memberikan
alasan mengapa mereka menjawab benar atau salah.Dan yang terakhir siswa
bisa pindah barisan, jika dia berubah pikiran.Dan pengajar memberikan
jawabannya barang siapa yang benar akan dikasi hadiah seperti coklat
atau permen.
Langkah-langkah media penerapan dikelas yaitu pada saat selesai guru
memberikan materi pembelajaran baru setelah itu diadakan permainan true
or false tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar