Jumat, 30 November 2012

Menggunakan Power Point


Media pembelajaran menggunakan power point

Media pembelajaran adalah bahan alat atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi,kumunikasi,edukasi,antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan daya guna.

Disini media pembelajaran yang saya gunakan agar tidak membosankan,dan lebih menarik.yaitu media pembelajaran dengan menggunakan power point
dengan menggunakan media pembelajaran power point ,sebaiknya saat mengajar,dan membuat tampilan semenarik mungkin pada pawer point tersebut misalnya dengan menambahkan gambar-gambar,animasi-animasi yang berhubungan dengan pembelajaran tersebut,sehingga siswa tertarik dan tidak bosan dalam proses pembelajaran tersebut.selain itu siswa juga dapat mudah mengerti. jika sudah tampak bosan sebaiknya guru melakukan adanya game-game agar siswa tidak bosan dan dalam media pembelajaran.


*Langkah-langkah membuat media pembelajaran dengan power point.
1.menyiapkan file
-jalankan aplikasi power point.
-klik menu file lalu pilih save as
-dibagian file name,dan klik tombol save
2.menyiapkan slide
-jaalnkan microsoft power point
-pilih layout title only
-klik slide,show.
-pilih opsi browsed at a kiosk(full screen)lalu klik ok
- salin slide 1 sebanyak kebutuhan
-beri judul pada tiap2 slide
3.menyiapkan tombol
-pastikan anda berada dislide 1
-klik autoshaped-basic shapes)rounded rectangle
-drag didalam slide sehingga terbentuk bagian persegi panjang
-mengatur ulang bntuk objek
-menerapkan efek lisan (fill effeck)
-penambahan teks
-penyalinan objek
-penetapan objek tombol
4.menyiapkan hyperlink
-pilih tombol home
-klik icon insert hyperlink pada toolbar standard
-dibagian link to pilih place in this document
-dibagian slide pilih place in this ducument slide home
-klik ok
-menyiapkan efek animasi
5.pengaturan navigasi.
-menyalin tombol-tombol navigasi kesetiap slide
-menyesuaikan hyperlink

*Kelebihan
1.memperjelas penyajian agar tidak terlalu bersipat verbalitas (dalam bentuk kata- kata,tulisan,atau lisan belaka)
2.mengatasi perbatasan ruang waktu,dan indra seperti:
-objek yang terlalu besar diganti dengan realitas gambar.film bingkai,dan film atau model.


*Kelemahan
1.memerluka alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain,metode ini tidak bisa digunakan tempat yang tidak ada listriknya,

*Langkah-langkah media penerapan dikelas
1.yaitu pada saat guru ,memberikan materi pembelajaran baru setelah itu mengadakan game-game agar siswa tidak merasa membosankan pada media pembelajaran saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar